Electronic for industry & infrastructure
Visi, Misi & Peran Strategis
Visi
Menjadi Perusahaan
Elektronika Kelas Dunia
Dengan penetapan visi
tersebut, diharapkan perusahaan dapat beroperasi dengan
standar bisnis internasional serta mampu bermain di pasar global.
Usaha untuk mencapai visi
perusahaan tersebut, tercermin dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan Tahun 2012 - 2016 dengan skenario pengembangan perusahaan yang dibagi dalam
3 (tiga) periode, yaitu:
a. Periode Penguatan Basis Manufaktur dan Bisnis Kontraktor/EPC (Engineering, Procurement dan Contruction)
(2012)
b. Periode National Standard & Domestic Player (2013-2014)
c. Periode Global Standard & Regional Player (2015-2016)
Misi
Faktor kunci sukses Len yang
dijabarkan dalam misi tersebut adalah melakukan inovasi produk elektronika yang berorientasi pasar melalui
perbaikan yang berkelanjutan (continuous product
improvement) disertai penguasaan teknologi. Selanjutnya bidang elektronika yang menjadi garapan utama adalah produk elektronika industri (barang-barang
modal untuk industri dan vendor item) serta
elektronika prasarana (infrastruktur swasta/BUMN/Pemerintah).
Peran Strategis
Len bukanlah yang terbesar
ataupun yang terbaik disegala bidang, tapi satu hal dapat
dipastikan bahwa Len selalu bekerja sepenuh tenaga untuk memberikan
manfaat bagi bangsa dan negara.
Teknologi yang dikembangkan Len mempunyai peran
strategis dalam :
1. Turut serta menjaga
kedaulatan negara, dengan produk - produk
telekomunikasi, transportasi, dan sarana bantu navigasi pelayaran (SBNP).
2. . Meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui produk
- produk energi terbarukan, telekomunikasi dan transportasi.
Inovasi Produk Elektronika Industri dan
Prasarana
Dengan misi tersebut
perusahaan mempunyai komitmen untuk selalu meningkatkan benefit kepada seluruh stakeholder. Kepada pelanggan, perusahaan akan senantiasa memberikan layanan produk dan jasa dengan
kualitas tinggi, harga yang kompetitif serta pelayanan yang memuaskan.
Sedangkan kepada karyawan, perusahaan akan memberikan penghasilan yang baik,
jaminan kelangsungan kerja, sistem karir yang memadai serta rasa kebanggaan
kepada perusahaan. Kepada pemegang saham, perusahaan
mempunyai komitmen untuk selalu meningkatkan dividen serta nilai pasar (market
value) perusahaan. Demikian pula
untuk
stakeholder lainnya (masyarakat, pemerintah dan
lain-lain), perusahaan akan
memberikan benefit sesuai dengan porsinya.
¡ Mendukung pertahanan dan keamanan
negara,
melalui
produk - produk elektronika pertahanan.
Sebagai BUMN, Len memperoleh
perlakuan yang sama seperti entitas bisnis lainnya. Len harus mampu berdiri
sendiri dan memberikan manfaat bagi negara. Penerapan standar-standar Internasional untuk pelaporan, produksi, perawatan
dan pengolahan data merupakan bagian
dari usaha yang tak kenal lelah untuk
menjadikan Len sebagai pemain global. Dalam menjalankan bisnisnya, Len juga
bertanggung jawab pada masyarakat dan menjunjung tinggi etika dengan menerapkan
prinsip - prinsip Good Corporate
Governance untuk menciptakan perusahaan yang sehat, bersih dan memiliki
daya saing tinggi.
Sejarah & Latar Belakang
melakukan pengembangan dan inovasi produk
unggulan Len terutama yang berorientasi sebagai
produk manufaktur untuk mengantisipasi dan
mendukung produk
yang
akan lebih memfokuskan kegiatannya pada
produk
manufaktur. Len
memulai
kembali
mengembangkan bisnis
di
bidang dengan pasar yang lebih luas terutama
kontraktor-kontraktor telekomunikasi melalui keikutsertaanya dalam kegiatan proyek bidang renewable energy.
dan manufaktur penggantian kabel
tembaga menjadi serat optik beserta sistem konektivitasnya yang akan dimulai
pada awal tahun 2011. Len telah memperoleh sertifikat CIQS 2000:2002
¡ Len mengambil alih 90% saham PT Surya Energi Indotama(Sistem Mutu Jaringan Akses)
dari Badan Sertifikasi Learning dan PT Interlokindo Utama sekaligus
juga
menambah Saham atas PT Eltran Indonesia menjadi
90%.salah satu syarat kualifikasi pengerjaan kegiatan proyek tersebut.
Kedua anak perusahaan baru ini bersama dengan PT
Eltran menjalankan bisnis sebagai kontraktor di bidang Renewable Energy, Signaling/Utility, Navigasi/Meteorologi
dan Broadcasting/ Telekomunikasi.
¡ Len membentuk Bagian
Manajemen Penjualan dan Pemasaran
untuk
melayani transaksi dengan
anak perusahaan maupun pelanggan lain
terkait dengan produk Len.
¡ Len membentuk Divisi Pengembangan, yang bertugas untuk
Pada tahun ini, Len juga melakukan
upgrading dari ISO 9001:
2000 ke ISO 9001: 2008, kemudian telah dilakukan penerapan OHSAS 18001-2007 (Sistem
Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dan ISO 14001-2004 (Sistem Manajemen
Lingkungan). Sertifikasi Standar sistem tersebut
telah diperoleh pada awal tahun 2011
dari Sucofindo International Certification Services (SICS).
Dalam waktu yang bersamaan pula telah dilakukan
perubahan
Untuk meningkatkan efektifitas
fungsi organisasi perusahaan sesuai dengan kebutuhan bisnis, maka pada bulan
Juli 2011, dibentuk Divisi
Pengembangan Usaha untuk mengakomodasi kegiatan pemasaran dan penjualan
termasuk analisis pasar bagi
produk-produk manufaktur. Sedangkan
untuk mempertajam fungsi pengembangan produk dan teknologi maka dilakukan
pembagian aktivitas kerja menjadi 2 unit kerja terpisah yaitu Bagian Manajemen Teknologi
& Dukungan Inovasi serta Bagian Inovasi &
Pengembangan di bawah koordinasi unit kerja Divisi Pusat Teknologi dan Inovasi (Pustekin).
nama anak perusahaan PT Interlokindo Utama menjadi PT Len
Railway Systems (LRS).
Perubahan tersebut dilakukan seiring dengan persiapan spin
off Unit Bisnis Sistem Transportasi
kepada anak perusahaan tersebut secara bertahap, dimana pelaksanaannya dilakukan
pada awal tahun 2012.
STRUKTUR ORGANISASI
ASPEK PEMASARAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar