Jumat, 04 Januari 2013

TEORI ORGANISASI UMUM

                       PT Len Industri
        Electronic for industry & infrastructure

Visi, Misi & Peran Strategis



Visi

Menjadi Perusahaan Elektronika Kelas Dunia

Dengan penetapan visi tersebut, diharapkan perusahaan dapat beroperasi dengan standar bisnis internasional serta mampu bermain di pasar global.

Usaha untuk mencapai visi perusahaan tersebut, tercermin dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan Tahun 2012 - 2016 dengan skenario pengembangan perusahaan yang dibagi dalam
3 (tiga) periode, yaitu:
a. Periode Penguatan Basis Manufaktur dan Bisnis Kontraktor/EPC (Engineering, Procurement dan Contruction) (2012)
b.   Periode National Standard & Domestic Player (2013-2014)
c.   Periode Global Standard & Regional Player (2015-2016)

Misi

Faktor kunci sukses Len yang dijabarkan dalam misi tersebut adalah melakukan inovasi produk elektronika yang berorientasi pasar melalui perbaikan yang berkelanjutan (continuous product improvement) disertai penguasaan teknologi. Selanjutnya bidang elektronika yang menjadi garapan utama adalah produk elektronika industri (barang-barang modal untuk industri dan vendor item) serta elektronika prasarana (infrastruktur swasta/BUMN/Pemerintah).

Peran Strategis
Len bukanlah yang terbesar ataupun yang terbaik disegala bidang, tapi satu hal dapat dipastikan bahwa Len selalu bekerja sepenuh tenaga untuk memberikan manfaat bagi bangsa dan negara.

Teknologi yang dikembangkan Len mempunyai peran strategis dalam :

1.  Turut serta menjaga kedaulatan negara, dengan produk - produk telekomunikasi, transportasi, dan sarana bantu navigasi pelayaran (SBNP).
 2. .        Meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui produk - produk energi terbarukan, telekomunikasi dan transportasi.

Inovasi Produk Elektronika Industri dan
Prasarana

Dengan misi tersebut perusahaan mempunyai komitmen untuk selalu meningkatkan benefit kepada seluruh stakeholder. Kepada pelanggan, perusahaan akan senantiasa memberikan layanan produk dan jasa dengan kualitas tinggi, harga yang kompetitif serta pelayanan yang memuaskan. Sedangkan kepada karyawan, perusahaan akan memberikan penghasilan yang baik, jaminan kelangsungan kerja, sistem karir yang memadai serta rasa kebanggaan kepada perusahaan.  Kepada pemegang saham, perusahaan mempunyai komitmen untuk selalu meningkatkan dividen serta nilai pasar (market value) perusahaan. Demikian pula untuk stakeholder lainnya (masyarakat, pemerintah dan lain-lain),   perusahaan akan memberikan benefit sesuai dengan porsinya.

¡ Mendukung  pertahanan  dan  keamanan  negara,  melalui produk - produk elektronika pertahanan.

Sebagai BUMN, Len memperoleh perlakuan yang sama seperti entitas bisnis lainnya. Len harus mampu berdiri sendiri dan memberikan manfaat bagi negara. Penerapan standar-standar Internasional untuk pelaporan, produksi, perawatan dan pengolahan data merupakan bagian dari usaha yang tak kenal lelah untuk menjadikan Len sebagai pemain global. Dalam menjalankan bisnisnya, Len juga bertanggung jawab pada masyarakat dan menjunjung tinggi etika dengan menerapkan prinsip - prinsip Good Corporate Governance untuk menciptakan perusahaan yang sehat, bersih dan memiliki daya saing tinggi.




Sejarah & Latar Belakang


melakukan pengembangan dan inovasi produk unggulan Len terutama yang berorientasi sebagai produk manufaktur untuk mengantisipas da mendukun produ yan akalebih   memfokuskan   kegiatannya   pada   produk   manufaktur. Len   memulai   kembali   mengembangkan   bisnis   di   bidang dengan pasar yang lebih luas terutama kontraktor-kontraktor           telekomunikasi melalui keikutsertaanya dalam kegiatan proyek bidang renewable energy.                                                                        dan manufaktur penggantian kabel tembaga menjadi serat optik beserta sistem konektivitasnya yang akan dimulai pada awal tahun 2011. Len telah memperoleh sertifikat CIQS 2000:2002

¡ Len mengambil alih 90% saham PT Surya Energi Indotama(Sistem Mutu Jaringan Akses) dari Badan Sertifikasi Learning dan  PT  Interlokindo  Utama  sekaligus  juga  menambah Saham atas PT Eltran Indonesia menjadi 90%.salah satu syarat kualifikasi pengerjaan kegiatan proyek tersebut. Kedua anak perusahaan baru ini bersama dengan PT Eltran menjalankan bisnis sebagai kontraktor di bidang Renewable Energy, Signaling/Utility, Navigasi/Meteorologi dan Broadcasting/ Telekomunikasi.
¡ Le membentu Bagia Manajeme Penjuala dan Pemasaran untuk melayani transaksi dengan anak perusahaan maupun pelanggan lain terkait dengan produk Len.
¡ Len membentuk Divisi Pengembangan, yang bertugas untuk

Pada tahun ini, Len juga melakukan upgrading dari ISO 9001:
2000 ke ISO 9001: 2008,  kemudian telah dilakukan penerapan OHSAS 18001-2007 (Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dan ISO 14001-2004 (Sistem Manajemen Lingkungan). Sertifikasi Standar sistem tersebut telah diperoleh pada awal tahun 2011 dari Sucofindo International Certification Services (SICS).
 Dalam waktu yang bersamaan pula telah dilakukan perubahan

Untuk meningkatkan efektifitas fungsi organisasi perusahaan sesuai dengan kebutuhan bisnis, maka pada bulan Juli 2011, dibentuk Divisi Pengembangan Usaha untuk mengakomodasi kegiatan pemasaran dan penjualan termasuk analisis pasar bagi produk-produk manufaktur. Sedangkan untuk mempertajam fungsi pengembangan produk dan teknologi maka dilakukan pembagian aktivitas kerja menjadi 2 unit kerja terpisah yaitu Bagian Manajemen Teknologi & Dukungan Inovasi serta Bagian Inovasi & Pengembangan di bawah koordinasi unit kerja Divisi Pusat Teknologi dan Inovasi (Pustekin).

nama anak perusahaan PT Interlokindo Utama menjadi PT Len
Railway Systems (LRS). Perubahan tersebut dilakukan seiring dengan persiapan spin off Unit Bisnis Sistem Transportasi kepada anak perusahaan tersebut secara bertahap, dimana pelaksanaannya dilakukan pada awal tahun 2012.


STRUKTUR ORGANISASI

                                                      


























ASPEK PEMASARAN












SUMBER DAYA MANUSIA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar