Rabu, 15 April 2015

Etika Profesi 2

1.      Jelaskan dan berikan contoh masing-masing dari :
a.       Computer engineeri
b.      Computer scientist
c.       Software engineer
d.      Information spesialis

A.          Computer Engineering atau Teknik komputer, juga disebut rekayasa sistem komputer, adalah disiplin yang mengintegrasikan beberapa bidang teknik elektro dan ilmu komputer yang dibutuhkan untuk mengembangkan sistem komputer.
Contoh : Rangkaian Elektronik dan sistem digital, mikroprosesor dan bahasa assembler
B.           Computer Science atau Ilmu komputer atau komputasi sains (disingkat CS) adalah ilmu yang mempelajari dasar-dasar teoritis dari informasi dan perhitungan dan teknik-teknik praktis untuk implementasi dan aplikasi dalam sistem komputer.
Contoh :bahasa pemrograman teori penelitian pendekatan untuk menggambarkan perhitungan, sementarapemrograman komputer berlaku spesifik bahasa pemrograman untuk memecahkan masalah komputasi yang spesifik, dan interaksi manusia-komputer berfokus pada tantangan dalam membuat komputer dan perhitungan yang berguna, bermanfaat, dan universal diakses manusia.
C.           software engineer adalah orang yang menerapkan prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak dalam mendesain, pengembangan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak dan sistem yang membuat komputer atau apapun yang berisi perangkat lunak.
Contoh : pasar online masa depan yang disebut pekerjaan IT masa depan di Amerika mencoba menjawab untuk apakah padaa pada tahun 2012 akan ada lebih banyak proyek TI, termasuk software engineer, dibandingkan pada tahun 2002.
D.          Information Technology Specialist or lnformation Systems Operator-Analyst is a Military Occupational Specialty (MOS) in the United States Army. Information Technology Specialists have the responsibility of maintaining, processing and troubleshooting military computer systems and operations.
Contoh : Training, Course Information dan lain-lain
2.      Jelaskan spesialisasi keahlian komputer dan berikan contohnya
·         Hardware dan network admin sebuah jenis pekerjaan yang banyak dibutuhkan saat ini terutama pada perusahaan/instansi yang telah mengimplementasikan teknologi komputer dan internet untuk menunjang pekerjaan. Contonya pc, server, aksesoris, hub, router, switch, perkabelan
·         System Administrator adalah seseorang yang bekerja untuk memelihara dan mengoperasikan sebuah sistem komputer atau jaringan yang berjalan setiap harinya disebuah organisasi/perusahaan. Contoh : sistem operasi, sevices, workgroup domain, internet domain name, messaging (email)
·         Database administrator sistem basis data adalah kumpulan data yang saling berhubungan dan disimpan secara bersama tanpa adanya pengulangan data (redudansi data) contoh : oracle db, my sql dan ms-sql)
·         Programmer & System Analyst adalah Programmer adalah orang yang bertugas untuk menulis kode program untuk suatu aplikasi tertentu berdasarkan rancangan yang dibuat oleh system analis(lebih memahami teknologi komputer). Sistem analis adalah orang yang bertugas untuk menganalisis sistem dengan mempelajari masalah-masalah yang timbul dan menentukan kebutuhan-kebutuhan pemakai serta mengidentifikasikan pemecahan yang beralasan (lebih memahami aspek-aspek bisnis dan teknologi komputer). Contoh pemrograman (JSP, ASP, PHP dan C)

 3.      Jelaskan dengan selengkap-lengkapnya kesempatan kerja sector telematika di Indonesia!
Jawaban:
-          DImulai dengan hanya 150 ribu, sector telematika Indonesia akan membangun secara agregat lebih dari 81.000 lapangan kerja baru sejak tahun 2004 hingga 2009 dan berkontribusi terhadap pertumbungan lebih dari 1.100 perusahan telematika baru. Organisasi atau perusahaan local adalah penyumbang terbesar terhadap penciptaan lapangan kerja sector telematika


KESEMPATAN KERJA SEKTOR TELEMATIKA DI INDONESIA
4.      Bagaimana kebutuhan tenaga IT di bidang industry software baik di luar negeri maupun di Indonesia?
Jawaban:
-          Tenaga IT diluar negeri, untuk tahun 2015, diperkirakan 3,3 juta lapangan kerja
-          Sedangkan tenaga IT domestic, berdasarkan proyeksi pertumbuhan industry pada tahun 2010 target produksi 8.195.33 US$, dengan asumsi produktifitas 25.000 perorang dibutuhkan 327.813 orang

Sumber :
https://bagusharisa.wordpress.com/2013/03/19/rekayasa-perangkat-lunak-software-engineering/
http://zulkarnainilham.blogspot.com/2015/04/etika-dan-profesionalisme-tsi.html
http://nurmayeni.blogspot.com/2015/04/etika-dan-profesionalisme-tsi-penulisan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar